Merupakan aktifitas pemberian data kepada komputer, dimana data tersebut merupakan masukan bagi komputer. Agar data dapat diterima oleh komputer dengan baik, komputer memiliki peralatan yang berfungsi untuk hal ini, yang disebut dengan input device.
Jika dianalogikan dengan manusia, manusia juga memiliki input device ini, diantaranya adalah mata, telinga, syaraf-syaraf, dan lain-lain. Masing-masing input device tentu berfungsi spesifik terhadap bagaimana informasi tersebut dapat diterima oleh manusia. Misalnya mata, mata digunakan sebagai input device untuk melihat, lalu data hasil penglihatan tersebut dikirimkan ke otak untuk diproses lebih lanjut, diabaikan atau informasinya disimpan di dalam ingatan.
Pada komputer, input device ini juga bermacam-macam, tergantung bagaimana proses input tersebut dilaksanakan. Bermacam-macam input device yang digunakan oleh komputer, contohnya adalah keyboard untuk mengetikkan informasi, (scanning devices) pembaca kode batang pada transaksi di supermarket, kamera untuk menangkap gambar, mouse sebagai pointing devices, digitising devices, audio-input devices, assistive input devices, dan lain sebagainya . Masukan yang didapatkan oleh input device tersebut informasinya dikirimkan ke pemroses (otaknya komputer) untuk diproses lebih lanjut, diabaikan atau informasi tersebut disimpan dalam media penyimpanan.
KEYBOARD
keyboard mempunyai bermacam-macam tipe contohnya :
Traditional (keyboard umum),
Traditional (keyboard umum),

Flexible (keyboard yang bisa dilipat),

Ergonomic (keyboard yang dirancang untuk meminimalkan kejang otot pada tangan),

Wireless (keyboard yang dijalankan tanpa menggunakan kabel),

PDA (menggunakan alat bantu seperti “pulpen” / light pen yang akan dipakai untuk mengetikkan informasi atau lainnya pada layar dengan cara menyentuhnya)

Fitur : - Numeric pads : dipakai untuk memasukkan angka dan simbol aritmatika.
- Toggle keys : berfungsi untuk meng-aktif/nonaktif-kan fitur pada keyboard (caps lock).
- Combination keys : melakukan sebuah aksi ketika tombol yang dapat dikombinasikan ditekan.
- Keyboard shortcuts : bentuk alternatif untuk memilih suatu hal dari menu (Ctrl-X,Ctrl-C,dll).
- Programmable keys : melakukan tugas yang spesifik (function keys).
POINTING DEVICE- Toggle keys : berfungsi untuk meng-aktif/nonaktif-kan fitur pada keyboard (caps lock).
- Combination keys : melakukan sebuah aksi ketika tombol yang dapat dikombinasikan ditekan.
- Keyboard shortcuts : bentuk alternatif untuk memilih suatu hal dari menu (Ctrl-X,Ctrl-C,dll).
- Programmable keys : melakukan tugas yang spesifik (function keys).
Perangkat yang berfungsi sebagai penentu atau penunjuk (pointing) yang mendukung proses komputerisasi bagi manusia. Pengaruh dari Pointing Device ini diantaranya adalah proses Click dan Drag. Contoh perangkat ini yaitu :
- Mouse : 1. Mechanical mouse, 2. Optical mouse, 3. Cordless (wireless) mouse
- Mouse : 1. Mechanical mouse, 2. Optical mouse, 3. Cordless (wireless) mouse

- Trackball (roller ball)

- Touch surface (touch pad)

- Pointing stick

- Joystick


- Touch screen

- Light pen

- Stylus

Merupakan aktifitas menerima data dari hasil pengolahan pada bagian pemroses. Jika terdapat data pada aktifitas output ini, berarti pemroses menyerahkan tugas selanjutnya kepada bagian ini. Tentu saja pada bagian ini diperlukan juga peralatan yang bekerja, dimana peralatan tersebut disebut dengan output device.
Jika kita kembali ke analogi manusia, output device ini contohnya adalah tangan, dimana tangan berfungsi untuk menuliskan informasi yang dimintai oleh otak.
Pada komputer contoh output device ini adalah printer (pencetak). Ketika data output dari pemroses diterimanya maka printer akan melaksanakan tugas yang diterima dari pemroses tadi.
Output yang dihasilkan dari pengolahan dapat digolongkan ke dalam 3 macam bentuk (huruf, kata, angka, grafik, Gambar, suara). Dibutuhkan alat khusus (alat keluaran dapat berbentuk hard copy dan soft copy).
MONITOR
Monitor mempunyai banyak tipe di antaranya :
- Cathode-ray Tube (CRT) monitor yang berteknologi seperti televisi.
- Flat-panel Monitor (LCD) Sebuah teknologi layar digital yang menghasilkan citra pada sebuah permukaan yang rata (flat) dengan memberi sinar pada kristal cair dan filter berwarna, yang mempunyai struktur molekul polar, diapit antara dua elektroda yang transparan. Bila medan listrik diberikan, molekul menyesuaikan posisinya pada medan, membentuk susunan kristalin yang mempolarisasi cahaya yang melaluinya.
- Gas Plasma Monitor (plasma display) mengandung jutaan pixel.
- E-books (untuk membaca buku)
- Data projectors (untuk membuat sebuah presentasi)
- High-definition television (HDTV) home theatre-TV

Fitur : – Resolution = dinyatakan sebagai pixel-pixel matrik (picture elements)
Beberapa macam standar resolusi sebuah monitor :
- SVGA (Super Video Graphics Array) 800×600 pixels
- XGA (Extended Graphics Array) 1024×768 pixels
- SXGA (Super Extended Graphics Array) 1280×1024 pixels
- UXGA (Ultra Extended Graphics Array) 1600×1200 pixels
- Dot pitch = berupa jarak antara pixel
- Refresh rate = waktu yang diperlukan sebuah layar monitor untuk menggambar tiap detik.
- Size (viewable size) = ditentukan dengan panjang diagonal suatu area tempat monitor mengamati.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar